welcome

welcome to my blog

  • Buku favorit
  • Film
  • Hobi
  • Music

translate

Cari Blog Ini

Senin, 02 Januari 2012

PROPOSAL


BAB I

PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Komputer memberikan satu solusi yang tepat dalam menghasilkan informasi yang
terkini. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga-tenaga ahli di bidang komputer, guna
memenuhi kebutuhan informasi. Komputer adalah alat elektronik yang berfungsi
untuk mengolah data dengan menggunakan program tertentu guna menghasilkan
informasi. Proses dari pengolahan data menggunakan komputer disebut dengan
pengolahan data elektronik. Komputer memegang peranan penting dalam proses
perhitungan dan pengolahan data yang bekerja dengan kecepatan dan ketelitian yang
sangat tinggi.
Seperti halnya transaksi-transaksi yang terjadi dalam setiap perusahaan, baik
perusahaan milik pemerintah maupun swasta relatif banyak jumlahnya sehingga
diperlukan database yang dapat menyimpan dan mengolah data tersebut secara efisien,
cepat dan dapat digunakan kapan saja bila diperlukan. Ketepatan dan kecepatan
pengelolaan data dari setiap transaksi yang terjadi pada koperasi, menjadi salah satu
kunci untuk dapat menghasilkan informasi yang cepat, tepat, akurat. Informasi yang
cepat, tepat, akurat akan sangat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan
yang tepat pula bagi perusahaan.
BMT Sinergi Medan adalah lembaga keuangan swasta yang bergerak di
bidang jasa simpan pinjam, dalam kegiatannya BMT Sinergi sehari-hari tidak terlepas
dari transaksi simpan pinjam nasabah, untuk menunjang transaksi-transaksi yang
berjalan maka dibutuhkan sistem komputerisasi yang baik demi kelancaran kinerja
BMT Sinergi. BMT Sinergi terlahir dan berdiri untuk pertama kali pada tahun 2004 di
Jl. Setia Budi No. 39-B berbadan hukum Koperasi Serba Usaha yang masih bergerak
dibidang pembiyaan. Kemudian berpindah alamat di Jl. A.H. Nasution No. 100 dan
seterusnya di Jl. H.M Joni No. 28/29 Medan. Atas keinginan bersama, maka pada
tanggal 1 juli 2007 diresmikan KSU BMT Sinergi oleh masyarakat desa Marindal I,
yang dipopulerkan namanya menjadi LKMS BMT Sinergi (Bank Desa), dimana
Kepala Desa Marindal I berkenan atas nama masyarakat membuka kantor operasinya
di Jl. Kebun Kopi / Sari No. 3 Desa Marindal I. Badan Hukum Koperasi No.
518/12/III/2004, tanggal 24 Maret 2004.
Dalam pengolahan data transaksi BMT Sinergi mengalami sedikit
permasalahan karena masih menggunakan sistem manual. Dengan menggunakan
sistem manual, masalah yang ditimbulkan adalah dalam hal pencatatan jumlah data
transaksi, setelah di analisis dijumpai beberapa kelemahan yang menyebabkan
informasi atau laporan yang dihasilkan terlalu lama diproses sehingga hasilnya kurang
maksimal.
Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemrograman yang cukup
populer yang dapat membuat program dengan aplikasi GUI (Graphical User
Interface) atau program yang memungkinkan pemakai komputer menggunakan modus
grafik atau gambar. Keputusan dalam pemilihan Visual Basic 6.0 diambil berdasarkan
berbagai kelebihan yang dimilikinya yaitu menyediakan perangkat yang dapat
digunakan untuk membuat program aplikasi baik aplikasi kecil dan sederhana untuk
keperluan sendiri, hingga aplikasi untuk enterprise yang besar dan rumit, atau bahkan
aplikasi yang dijalankan melalui internet. Dengan menggunakan Visual Basic 6.0,
proses akses database menjadi lebih user-friendly. Dengan berbagai alasan tersebut
maka dipilihlah Visual Basic 6.0 sebagai database server dengan menggunakan
pelaporan dengan Crystal Report 7.0 dalam membangun aplikasi ini.
Berdasarkan pertimbangan tersebut maka dalam penyusunan tugas akhir ini,
penulis memilih judul “ Perancangan Sistem Informasi Data Simpan Pinjam Pada
BMT Sinergi Medan”.
1.2. Perumusan Masalah
Di dalam setiap perusahaan maupun instansi manapun tidak terlepas dari masalahmasalah
yang dihadapi baik yang kecil maupun yang besar. Jika tidak diatasi sedini
mungkin akan menjadi penghambat bagi setiap perusahaan untuk mencapai tujuannya.
Bertitik tolak dari hal diatas, penulis tertarik untuk membahas masalah yang
berhubungan dengan sistem informasi simpan pinjam pada BMT Sinergi Medan.
Masalah yang dihadapi instansi ini, antara lain adalah sebagai berikut :
1. Masih dipakainya sistem manual dalam pengolahan data pengkreditan barang
furniture dan data transaksi simpan pinjam sehingga informasi yang dihasilkan
tidak tepat waktu dan kurang efisien.
2. Pengetikan berulang mengakibatkan kemungkinan tingkat kesalahan manual yang
tinggi.
1.3. Batasan Masalah
Agar pembahasan penelitian ini tidak menyimpang dari apa yang telah dirumuskan,
maka diperlukan batasan-batasan. Batasan-batasan dalam penelitian ini adalah sebagai
berikut :
1. Pencatatan data nasabah dan jumlah transaksi pengambilan uang dan penyimpanan
uang di BMT Sinergi setiap harinya.
2. Output yang dihasilkan yaitu berupa laporan daftar transaksi simpan pinjam dan
daftar data nasabah.
1.4 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Memberikan alternatif pilihan cepat dan akurat dalam pengaksesan data simpan
pinjam.
2. Mendapatkan gambaran tentang sistem yang sedang berjalan dan mengetahui
masalah yang dihadapi sebagai acuan pembuatan sistem yang lebih efektif dan
efisien.
1.5 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Dapat mencegah proses pengetikan berulang dan dapat meminimalkan bahkan
menghilangkan kesalahan pengetikan.
2. Dapat mengembangkan sistem dikemudian harinya sehingga lebih baik lagi data
yang akan dihasilkan nantinya.
3. Dapat menghemat waktu pengerjaan dan tenaga, juga dapat memberikan kerja
yang baik dalam proses pengolahan data itu sendiri.
1.6 Metode Penelitian
Dalam menyusun skripsi ini penulis melakukan beberapa metedologi untuk
memperoleh data atau informasi dalam menyelesaikan permasalahan. Adapun
metedologi yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Studi Literatur
Melalui studi ini penulis memperoleh data atau informasi dengan mengumpulkan,
mempelajari dan membaca berbagai refensi baik itu dari buku-buku, jurnal, paper,
makalah maupun internet. Dan berbagai sumber lainnya yang menunjang dalam
penulisan skripsi ini.
2. Analisis data
Menganalisis pencatatan data nasabah pada sistem yang dibangun.
3. Perancangan sistem
Merancang aplikasi sistem informasi dengan menggunakan Visual Basic 6.0.
4. Pengujian sistem
Melakukan pengujian perancangan terhadap aplikasi sistem informasi yang
dibangun.
1.7. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dari skripsi ini terdiri dari beberapa bagian utama sebagai
berikut :
BAB 1: PENDAHULUAN
Bab ini akan menjelaskan mengenai latar belakang masalah yang dibahas dalam
skripsi ini, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian,
metode penelitian, dan sistematika penulisan skripsi.
BAB 2:LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan tinjauan teoritis yang berkaitan dengan Perancangan Sistem
Informasi Data Simpan Pinjam pada BMT Sinergi Medan.
BAB 3: METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban.



BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Landasan Teori
Teori Pengertian Sistem
Istilah sistem berasal dari bahasa Yunani yaitu “sistema”, ditinjau dari sudut katanya
suatu sistem dapat diartikan sebagai kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen
atau variabel-variabel terorganisir, saling tergantung satu sama lain dan terpadu yang
berfungsi untuk mencapai tujuan.
Menurut Tavri D. Mahyuzir, (“Analisa dan Perancangan Sistem Pengolahan
Data”, 1989). “Sistem adalah kumpulan-kumpulan elemen yang saling berkaitan dan
bertanggung jawab memproses masukan (input) sehingga menghasilkan keluaran
(output)”, yang prosesnya berupa proses fisik, proses konseptual, proses prosedural,
proses sosial.
Menurut Jogiyanto H. M, (“Pengenalan Komputer”, 2000), “Sistem adalah
suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling
berinteraksi untuk mencapai tujuan”. Unsur-unsur yang mewakili suatu sistem secara
umum adalah masukan, pengolahan,dan keluaran. Masukan meliputi pengumpulan
data mentah dari dalam organisasi atau dari lingkungan luar organisasi.
Keluaran mentransfer informasi yang telah diproses untuk dapat digunakan
pemakai dalam berbagai tujuan. Sistem juga memerlukan suatu umpan balik untuk
menghasilkan keluaran yang tepat bagi penggunanya dengan mengevaluasi masukan
yang diproses.




BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Tempat Dan Waktu Penelitian
Semua proyek pengembangan dan pengerjaan software ini dikerjakan dikantor kami yang beralamat di Jl.Kenari Jakarta. Dan semua proyek ini dikerjakan dari awal tahun 2010 dan selesai pada pertengahan tahun 2011 dengan waktu penyelesaian kurang lebih 1.5 tahun.
3.2 Metode Penelitian
Secara umum metode penelitian dalam bidang sistem informasi tidak
berbeda dengan pada bidang yang lain. Yang membedakan sebenarnya lebih pada
tradisi penelitian yang dilakukan dan disepakati oleh komunitas sistem informasidunia.

3.3 Teknik Analisi Data
Dalam hal ini kami menggunakan teknik analisis dalam dan untuk proses kebijakan (analysis in and for policy process), dimana dalam pendekatan ini, analisis dilakukan atas teknik analisis, riset, advokasi dalam sebuah proses kebijakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar